PERBEDAAN ALUMNI DAN ALUMNUS

“PERBEDAAN ALUMNI DAN ALUMNUS”
Sebenarnya dua kata itu baku untuk dipakai kalau pemakaiannya pun tepat sesuai dengan maknanya. Oleh karena itu sebelum kita melangkah lebih jauh tentang pemakaian kata yang benar dari dua kata tersebut kita perlu mengetahui terlebih dahulu maknanya.
Alumni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring adalah orang-orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi. Sedangkan alumnus menurut kamus yang sama mempunyai pengertian orang yang telah mengikuti atau tamat dari suatu sekolah atau perguruan tinggi.
Coba, kalau kita cermati maka kita bisa temukan bedanya. Bahwa alumni adalah bentuk jamak dari alumnus. Alumni menunjukkan banyak orang sedangkan alumnus adalah bentuk tunggal yang menunjukkan satu orang saja. Dengan kata lain alumni adalah para alumnus atau kumpulan alumnus.
Maka dengan demikian kita sudah tahu bagaimana pemakaian yang benar dari dua kata tersebut.
Suatu hari setelah saya memikirkan tentang makna alumni dan alumnus, kebetulan pula pada hari yang sama habis shalat isya saya bersalaman dengan remaja yang baru duduk di kelas 1 SMP. Ia memakai kaos hitam yang di punggung kaosnya terdapat tulisan besar ALUMNUS 2009 dan di bawahnya terdapat kotak yang berisi nama teman-teman lulusan sekolahnya dalam satu angkatannya.
Tentu dilihat dari maknanya pemakaian kata alumnus dalam kaos itu tidak tepat. Seharusnya memakai kata alumni yang menunjukkan banyak orang yang tamat dari sekolahnya.
Langsung saja saya berikan contoh-contoh lainnya sebagai berikut:
Yang salah    : Saya alumni SMK Mitra Indonesia Angkatan 2010.
Yang benar   : Saya alumnus SMK Mitra Indonesia Angkatan 2010
Yang salah    : Dipersilakan kepada para alumni untuk menempati kursi yang telah disediakan.
Yang benar   : Dipersilakan kepada para alumnus untuk menempati kursi yang telah disediakan.
Yang salah   : Kita adalah alumnus SMK Mitra Indonesia yang senantiasa harus dapat mempertahankan nilai- nilai ramadhan itu di sebelas bulan berikutnya.

Yang benar   : Kita adalah alumni SMK Mitra Indonesia yang senantiasa harus dapat mempertahankan nilai- nilai ramadhan itu di sebelas bulan berikutnya.

Yang salah    : Ikatan Alumnus SMK Mitra Indonesia

Yang benar    : Ikatan Alumni SMK Mitra Indonesia

Contoh terakhir ini sedikit saya komentari. Mengapa? Karena alumnus adalah hanya satu orang saja sehingga tidak perlu diikat dalam sebuah ikatan. Yang pas adalah dengan memakai kata alumni karena menunjukkan banyaknya lulusan satu sekolah yang perlu diikat dalam satu ikatan. Mentang-mentang bahwa kata alumnus itu berasal dari kata asing (Latin) dan segala sesuatu dari bahasa asing–terutama Bahasa Inggris—sesuatu yang banyak atau menunjukkan jamak itu memakai akhiran s atau –es maka seringkali kita terkecoh dengan memakai kata alumnus untuk menunjukkan banyaknya lulusan suatu sekolah.
Demikian uraian saya, semoga bermanfaat. Kalau ada komentar atau informasi yang menunjukkan adanya kesalahan pada artikel ini mohon untuk dibetulkan. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.