Artikel Alumni
TENTANG ORGANISASI (Alumni SMK Mitra Indonesia)

TENTANG ORGANISASI (Alumni SMK Mitra Indonesia)

Ada beberapa orang yang bertanya tentang ikatan/organisasi ini.

Pentingkah Ikatan/Organisasi alumni dibentuk? Pertanyaan ini cukup menantang.

Mengapa? Karena sesuatu yang berbunyi “Ikatan/Organisasi” mengandung makna kesepakatan dari sekumpulan orang untuk melakukan komitmen bersama untuk mencapai misi dan visi bersama. Ikatan/Organisasi alumni adalah kumpulan dari alumni sekolah tertentu untuk melakukan sesuatu bagi sekolah dimana dia pernah belajar. Melalui Ikatan/Organisasi alumni para alumni bisa berbuat sesuatu untuk membantu sekolahnya dulu. Baik itu berbentuk bantuan pemikiran ataupun bantuan fisik, serta sebagai wadah perkumpulan utama keluarga alumni, agar alumni ini bukan hanya sekedar nama, tapi bisa menciptakan gerakan yang bisa meningkatkan derajat alumni dan almamater
Akan tetapi, fakta di beberapa sekolah menunjukkan bahwa sekolah yang memiliki alumni yang peduli, bisa dipastikan memiliki prestasi yang lebih baik. Beberapa fakta yang penulis tahu antara lain di SMK MITRA INDONESIA, yang berubah jauh lebih baik secara fisik karena keterlibatan Ikatan/Organisasi alumni.

Bagaimana dengan sekolah di luar negeri? Di luar negeri pun ternyata Ikatan/Organisasi alumni berdampak positif. Di Singapura, Ikatan/Organisasi alumni Sint Joseph High School selalu mengirimkan siswa terbaik di sekolah tersebut setiap tahun ke luar negeri. Ternyata fakta menunjukkan keberadaan Ikatan/Organisasi alumni lebih banyak positifnya daripada negatifnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bila para alumni ingin membantu mengembangkan sekolah, maka Ikatan/Organisasi Alumni adalah jawabannya.
Setidaknya ada 5 alasan yang mendasari pentingnya Ikatan/Organisasi alumni bagi suatu sekolah.

1. Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan sekolah.
2. Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi “nama baik” (citra) sekolah.
3. Alumni sebagai produk sekolahan dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan sekolah/siswa dengan insitusi di luar sekolah.
4. Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja & usaha bagi lulusan baru suatu sekolah, di samping menjadi inspirasi bagi siswa yang ada di sekolahan sekarang.
5. Alumni dapat saling berkontribusi sesama alumni dan saling meningkatkan tali silaturahmi alumni atau meningkatkan jaringan alumni
Cuma gimana caranya menciptakan IKATAN ALUMNI yang berkenan bagi kita semua ? Setidaknya ada 3 orientasi yang harus diciptakan IKATAN ALUMNI

1. Ikatan Alumni yang tak usang oleh waktu, yang tidak mengenal fanatisme kelompok, angkatan atau usia sekalipun. Memang sulit, tapi kegagalan banyak IKATAN ALUMNI karena terlalu banyak dikotomi di antara anggotanya. Inilah PR besar yang perlu kita cari “jalan tengah”.
2. Ikatan Alumni selalu mencerahkan, yang membangun tradisi untuk “bersinergi nyata” bukan sekedar kangen-kangenan dan nostalgia. Informasi terkini dari sekolah harus didapat dan apa yang bisa diperbuat alumni untuk sekolahnya. Ikatan Alumni harus mencerahkan bagi para alumninya, sekolahnya, dan jika perlu siswa yang sedang belajar di sekolah. Ini PR lagi .
3. Ikatan Alumni harus realistis, tidak berlebihan dalam “bermimpi”. Jangan terlalu banyak yang di mau, di samping jangan ada kepentingan orang per orang yang dominan, semuanya didasari pada realitas. Apa adanya bukan ada apanya. Realistis dalam melihat dinamika zaman, realistis dalam berteman, realistis dalam mengatur waktu.

Ketiga dasar itu yang menurut saya dapat membuat IKATAN ALUMNI memiliki “daya guna” yang lebih tinggi. Tulisan ini dibuat hanya untuk menjadi “bahan renungan” bersama para alumni dalam “realitas kekinian” manusia dan masyarakat. Saat ini banyak orang cenderung apatis, hedonis, dan terkesima dengan hiruk pikuk kehidupan. Tanpa mamu berbuat yang lebih bagi orang lain ?
Bagaimana menurut anda?

Rekan-rekan alumni yang Saya hormati. Sehubungan dengan rencana Silaturahmi akbar dan latar belakang dari pelaksanaan kegiatan tersebut, serta pembicaraan dengan para senior, maka disimpulkan kalau kita ingin SMK Mitra Indonesia meningkatkan kualitas SDMnya maka perlu dibentuklah Ikatan/Organisasi alumni SMK Mitra Indonesia.

Dengan beberapa kesepakatan maka pada hari Kamis 29 Juni 2017, SMK Mitra Indonesia resmi mempunyai organisasi Ikatan/Organisasi Alumni SMK Mitra Indonesia dimana Ikatan/Organisasi tersebut disepakati bersama olehm para panitia dan peserta undangan pada acara Reuni dan Halal Bihalal Alumni SMK Mitra. Ikatan/Organisasi ini disingkat dengan nama (masih proses) dengan hasil kesepakatan bersama.

Sebagai langkah awal kami berharap teman-teman yang pernah terlibat di kepengurusan OSIS, atau aktif di ekskul, atau anda yang mau berkiprah membantu pengembangan sekolah dan alumni, silahkan menghubungi pengurus.
dan jika ada pesan, saran dan masukan tentang Organisasi ini silahkan sampaikan ke Ketua Umum ( Abdul Lathif) “085715170741” atau melalui email ke : mitrind@yahoo.com, dengan senang hati kami akan menerima usulan dan kontribusi teman-teman semua.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.